Tip Top Old Restoran Medan City

Bookmark and Share
Jika berkunjung ke kota medan rasanya belum lengkap kalau belum mampir ke Restoran Tip Top di jalan kesawan.

Rumah makan yang sangat sangat melegenda dan sudah sangat lama berdiri di ibukota Sumatera Utara itu. Yang jadi andalan adalah hidangan es krim yg resepnya dipertahankan dari zaman kolonial hingga sekarang.

TipTop Menyajikan berbagai variasi menu makanan Barat, Indonesia dan China, juga es krim dan cake.Semua masakan dan es krim kami menggunakan resep lama dan traditional. dan semua kue kami dibuat dengan tungku kayu bakar dari jaman Belanda.

Riwayatnya pada tahun 1929, restoran ini berdiri dengan nama Jangkie. Terus pindah ke Jalan Kesawan tahun 1934, sekaligus ganti nama jadi Tip Top. Yang makan es krim pada jaman itu tentu aja meneer-meneer Eropa van Belanda.

Mereka sangat tergila-gila akan kopi robusta lokal dari Sidikalang yang beraroma harum dari dapur Tip-Top. Ketika Jepang menjajah Indonesia pada tahun 1942, nama Tip-Top berubah menjadi Jangkie kembali. Ini disebabkan karena nama Tip-Top yang bernuansa ke-Belandaan.  

Setelah Jepang kalah dalam perang dunia ke II pada tahun 1945,  nama Tip-Top kembali digunakan. Setelah kemerdekaan, Tip-Top menjadi populer di kalangan penduduk lokal, Terutama pada kelas menengah dan atas

Konon sampe sekarang alat-alat masak yg digunakan di dapur masih otentik dari tempo doeloe. Uniform para waiter juga unik, pake baju putih lengan panjang, celana panjang putih plus kopiah diatas kepala. Seperti anak-anak muda yang kibarkan bendera saat upacara kemerdekaan.

Tak hanya bernilai sejarah, restaurant Tip-Top juga merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin mengingat kenangan indah masa lalu. Turis-turis tua Belanda yang dulu pernah berada di sini akan datang kembali jika mereka berkunjung ke Sumatera Utara. Suasana romantis tempo dulu masih dapat dirasakan di tempat ini.

Waktu terus berlalu, tapi restaurant ini tetap berjalan dengan konsep, tradisi serta resep-resep lama yang tetap dipertahankan.

Setiap orang dapat melihat sejarah yang terpampang di dinding restaurant tua ini. Tip-Top tidak hanya dikenal dengan makanan dan kue yang enak, tapi juga merupakan bagian dari sejarah dimana Tiip-Top juga merupakan  salah satu restaurant tertua di Indonesia.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar