Hari ini Minggu 28 Oktober Puncak Arus Balik

Bookmark and Share
Para Pemudik Idul Adha mulai kembali ke daerah tujuan masing-masing hari ini minggu,pada tanggal 25 Oktober membuat tiket kereta api jurusan Medan- Rantau Prapat, Medan- Tanjung Balai dan Medan- Pematangsiantar habis terjual.
 
Padahal, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Drive I Sumut dan NAD telah menambah tempat duduk (seat) di semua kelas. Sehingga jumlahnya menjadi kelas ekonomi non AC 2.324 seat, ekonomi AC 1.484 seat, eksekutif 612 dan bisnis 2.048 seat.
Lonjakan penumpang ini akan mencapai 15 persen dari jumlah seat (tempat duduk) yang tersedia. Seperti Kereta Api kelas Ekonomi jurusan Tanjung Balai, dari bangku yang disediakan 1802, tetapi menampung 1840 penumpang. Jurusan Siantar yang menyediakan 318 bangku, dan mengangkut 331 penumpang.

Sementara itu, salah satu penumpang yang akan merayakan Idul Adha di kampung halamannya di Kisaran, Rya (28) menyatakan tiket kereta api saat hari besar cepat habis. Karena itu, seminggu sebelum keputusan untuk pulang kampung, dirinya sudah terlebih dahulu membeli tiket.

Sementara itu Mandor Sutera jurusan Medan-Berastagi, L Tarigan mengatakan lonjakan penumpang yang bertepatan libur panjang ini meningkat 30 hingga 40 persen.”Ini dikarenakan bertepatan dengan adanya pesta tahunan yang di laksanakan di daerah kecamatan-kecamatan yang ada di tanah Karo,” katanya di terminal Sutera Jalan Jamin Ginting, Jumat (26/10).

“Dengan banyaknya penumpang ini kita sebagai pihak manajemen sudah menyiapkan 100 bus , dengan tambahan 70 bus utuk menangani penumpang,” lanjutnya.
Hal yang sama juga terjadi stasiun bus sepanjang Jalan Sisingamangaraja. Korlap CV Bayu Raja Trans, Manik lonjakan penumpang Idul Adha ini bekisar 25 persen dari hari biasa.”Yang meningkat penumpang menuju Pematangsiantar, sedangkan daerah yang lain tidak ada peninggkatan,” katanya.

Koordinator KUPJ Tour, Hutasot mengatakan, pada libur panjang ini kenaikan penumpang dipastikan 20 persen dan pihaknya telah menyiapkan 80 bus. “Tujuan penumpang mayoritas ke Pematangsiantar, Kisaran, Tanjung Balai, dan Rantau Parapat,” katanya.

Arus mudik juga terjadi di Bandara Polonia   merupakan arus balik mudik terakhir, sehingga diprediksikan mulai besok, arus penumpang kembali berjalan normal.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar