Taman Buaya Terbesar Asam Kumbang Medan

Bookmark and Share
Jika anda ke kota medan atau memang berada di medan berkunjunglah ke Taman Buaya Asam Kumbang yang berada di Jalan Bunga Raya Kecamatan Medan Selayang No.59 Desa Asam Kumbang,hanya lima kilometer dari pusat Kota Medan.

Taman penangkaran buaya asam kumbang milik Alm Lo Tham Muk ini telah berdiri sejak 1959 di medan sumatera utara.


Berawal dari hobi, Ia kemudian membeli 12 ekor buaya. “Kemudian terus berkembang hingga akhirnya sampai 2400 ekor seperti saat ini,” jelasnya.
Bagian belakang rumah Lo Than Muk dijadikan sebagai kolam-kolam tempat penangkaran buaya. Terdapat 78 bak dan satu tempat semacam danau dimana buaya dapat dengan leluasa hidup di air dan bermain ke darat. Namun, untuk menjaga keamanan, Lo Than Muk juga membangun tembok panjang di bagian belakang.

Robin Lo, putra kedua dari Alm. Lo Than Muk ahli waris yang mengelola taman buaya asam kumbang saat ini.

Total lahan seluas dua hektar yang terletak di Jalan Bunga Raya II ini tentu tidak cukup menampung buaya sebanyak itu sehingga dalam satu kandang yang sempit terlihat puluhan buaya berukuran sedang saling menumpuk.

Biaya tiket masuk yang dipungut untuk bisa melihat buaya dengan mata telanjang adalah berkisar Rp.5000 untuk dewasa, dan Rp.2500 untuk anak-anak.

Pengunjung juga diperbolehkan memberi makan buaya-buaya tersebut,tapi ya makanan yang biasa di makan buaya seperti ayam dan daging-daging lain nya.

Buaya tertua adalah 41 tahun dan panjang 6 meter,Taman Buaya Asam Kumbang merupakan yang terbesar di Indonesia dengan 2.400 reptil dimana Anda dapat menyaksikan buaya tertua yang telah hidup selama 45 tahun.

Jam Buka taman buaya asam kumbang pukul 09.00 – 18.00 Wib dan Waktu pemberian makan pukul 17.30 Wib.





{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar