Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Bookmark and Share
Hari ini Adalah Hari Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 yang lalu Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia.

Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.


Hari sumpah pemuda hari ini di medan tidak begitu berarti jika di bandingkan dengan hari sumpah pemuda tahun 1928.

Semangat untuk merdeka dan maju yang membara oleh para pemuda-pemudi indonesia,tapi hari ini,peringatan sumpah pemuda dianggap hanya sebagai tanggal ceremonial.

Bangsa Ini telah kehilangan jati diri dan telah melupakan apa yang pernah bangsa ini raih dengan darah,air mata dan segala bentuk penindasan.

Inilah Text Sumpah pemuda yang pertama sekali di bacakan oleh Bung Karno :
  • Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  • Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  • Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Bertumpah darah satu,dimana pengorbanan pemuda kepada tanah airnya,bukan malah menghancurkan tanah airnya.

Berbangsa satu,dimana kita berkebangsaan indonesia bukan bangsa nigrat atau bangsa hedonis atau borjuis,atau berkata saya orang jawa,saya orang batak,salah...saya orang indonesia.

Berbahasa Satu,dimana bahasa kita di mata dunia,setiap produk asing dijual di indonesia berbahasa asing,salah siapa,salah kita yang tidak bangga akan bahasa sendiri.

Berjuang,Berbangsa dan Berbahasa Satu...Indonesia..untuk indonesia



{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar