Petani Kota dan Teknologi Rekayasa Genetika

Bookmark and Share

Petani biasanya kita identikan ama yg namanya kumal, kucel, kotor, punya kulit hitam, gaptek, tinggal di hutan, terbelakang dan tentunya memiliki penghasilan rendah. em.., siapa bilang…? Itu sih dulu. sekarang berkat Kemajuaan Teknologi Pertanian semua udah ga relevan lagi.

Di Kota aku aja Palangkaraya tuh, tepatnya di “Kalampangan” yaitu sebuah wilayah perbatasan antarkota Palangka-Kapuas. Ada banyak kita temuin jajanan makanan entah itu dari sayuran ataupun buah buahan baik itu Jagung, Kacang, Jeruk, Jambu, Nanas, Beras, Mangkahai, Salak, Sawo, dll

Nah, Kemaren, kalau ga salah sih akhir tahun 2012 yg lalu aku, papa, mama, dan adeku sempat mampir beli buah jagung disana. Entah kalang kabut-nya kami ketika dia bilang kalau jagung yg kami beli adalah hasil dari Perkebunannya di belakang rumah.
Keren.., Pikirku. Ini orang hebat banget ya..? bidadari.gif (78×50)

Padahal ni orang tinggal di “KOTA” tapi bisa memanfaatkan wilayah perkarangannya yg sempit tuk membudidayakan Jagung. Dan yg bikin ngiler lagi, ni orang yg berketurunan jawa sangat bersih jauh dari kesan kotor seperti petani pada umumnya, pakainnyapun rapi dan terbuat dari batik.

Nah, 1 hal lagi yg bikin kami kaget…? akutakut.gif (20×18)

Ketika dia menunjjukkin Rumahnya yg indah dgn Jari Tangannya. dimana di samping rumah itulah dia menanam “JAGUNG”. OMG deh, rumahnya bagus banget deh, indah banget dgn warna emas dan memiliki ukiran seperti naga. Dan tahukah anda, rumah itu didirikan hanya dgn bermodalkan J.A.G.U.N.G

Jadi, KESAN, Petani yg Miskin dan Kotor itu pun sontak hilang dari pikiran kami..?

TEKNOLOGI REKAYASA GENETIKA :
Jadi, bagaimana caranya dia bisa berhasil kayak gitu…? Ya tentu saja semua memang berkat TUHAN bagi dirinya, dan juga dari Ketekunan, Kedisiplinan beliau merawat tanaman dgn Cinta Kasih. Dan 1 hal yg ga dia lupa adalah tahu dan mengenal akan Ilmu Pengetahuan Rekayasa Genetika


Dari buku yg aku baca dgn Pengarang Andri Daniel S.P : Beliau mengatakan Seri Tanaman sekarang udah memasuki transisi Technology entah itu dari Penyilangan, Manipulasi Transfer Gen, Manipulasi Kromoson bahkan sampai memanfaatkan Teknologi Nuklir tuk bikin Mutasi yg lebih Kompleks.

Contoh Lainnya saja di Palangkaraya adalah Tanaman Buah Semangka F1 hasil dari Manipulasi Genetika mampu membuat semangka tumbuh subur walau di tanam di pasir kuarsa.

Yg lebih mencoloknnya lagi, Tanaman seperti Kacang, Tomat, Waluh, Ubi, Terung, Semangka, Melon, Kol, Timun, Pare, Lombok, Jagung, Bayam, Kangkung dll semua udah bisa ditanam di perkarangan rumah kita dgn menggunakan Pot dan bisa tumbuh subur lho..?

Caranya kita cukup ngebeliin Bibit unggul yg udah hasil dari Peluruhan Rekayasa Genetica
Banyak kok yg jualnya, harganya mulai Rp 5000 – Rp 12.000 memasak.gif (100×85)

Harga Pot 30x40 juga ga terlalu mahal, biasanya ukuran yg besar harganya Rp 12.500

Aku sendiri udah nyoba di Perkarangan rumahku yg sempit dan hasilnya sangat memuaskan. Tiap minggu aku bisa Panen Sayur dan buah dari hasil budidaya aku sendiri jadi ga perlu beli lagi. Padahal biar anda tahu aja ya, rumahku tu nyaris lahannya 70%-nya adalah semen lho dan ga subur terus tu rumahku berada tepat di jantung kota yg punya udara hawa panas akibat polusi motor.


Namun, lagi lagi, berkat bibit unggul hasil Technology Rekayasa, semua bisa tumbuh dgn subur di rumahku, bahkan ada beberapa yg tahan panas dan tahan dari hama penyakit. Aku yakin dari antara anda yg membaca ini pasti tertarik…

Mengingat juga memelihara dan merawatnya ga susah susah banget kok.

Kalau anda pengen tahu biasanya aku nyiram n ngerawatnya tiap jam 5 – 7 pagi aja. lalu kutinggalin tuk pergi kuliah, gitu gitu aja sih ga repot repot banget tapi hasilnya memuaskan. Malamnya aku pakai buat nonton acara Gosip deddy corbuzieratau acara Tung Desem Waringin

Bahkan rencananya sekarang nih aku pengen budidaya semangka, melon, dan jagung didalam POT. 


Kemarin 3 bulan yg lalu ketika aku baru memulai, aku udah sukses ama buah PARE, Terung dan Waluh-ku. Kenyang banget rasanya, tubuh juga jadi makin segar dan kuat mengingat Pare adalah tanaman obat. Papahku suka banget makannya bahkan batuk batuk papahku langsung berhenti..

Sekarang saat tulisan ini aku ketik buat anda..? Aku seperti Jatuh Cinta dan Kecanduaan merawat tanaman…

Bahkan sekarang saat tulisan ini aku ketik, aku juga udah nanam benih Bibit Semangka dan Timun.

Diwaktu senggang kita bisa menghasilkan sesuatu yg bermanfaat. Dan jika anda Kreatif seperti Bapak keturunan Jawa diatas, anda bahkan bisa menghasilkan uang dan mendirikan rumah anda.

Keunggulan bertani di Kota tentu saja kita dgn mudah menjualnya, mengingat ga ada sama sekali biaya transportasi atau biaya perantara tambahan dan 1 hal yg istimewa nih adalah kita ga ada saingan sama sekali lho untuk bertani didalam kota. Karena umumnya petani berada di desa

tapi kalau saya buat dimakan aja deh belum kepikiran buat dibisnisin. Biar tubuh sehat makan sayur gitu… He he…, Makasih dan GBU 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar