Mengapa Jarum Jam Dibuat Bergerak ke Kanan?

Bookmark and Share
Halo sobat ZoPi! Selamat hari Minggu.
Pernahkah kalian berpikir, mengapa jarum jam dijadikan bergerak ke arah kanan? Pertanyaan yang mungkin sepele sekali, tetapi ternyata ini ada sejarahnya. Mau tahu, bagaimanakah sejarah mengapa jarum jam diarahkan ke kanan? Inilah jawabannya.
Ilustrasi : Jarum jam bergerak ke kanan
Seperti yang kita ketahui bersama, sebelum jam yang model saat ini tercipta, bangsa-bangsa zaman dulu menggunakan cara-cara yang berbeda dalam menggunakan sistem waktu. Dan tentunya perhitungannya pun berbeda-beda. Dan yang paling terkenal adalah menggunakan jam matahari.
Jam matahari
Sebagai contoh adalah bangsa Mesir. Mereka menggunakan sistem waktu yang berdasarkan pada pergerakan matahari. Untuk menjelaskan “sekarang” jam berapa, mereka mendirikan tugu obelisk di tengah kota. Ketika matahari bergerak, bayang-bayang dari obelisk ini juga bergerak. Dengan cara inilah mereka mengetahui waktu pada saat itu.
Tugu obelisk
Lalu, mengapa jarum jam saat ini dibuat ke kanan?
Eitss, sabar. Jadi begini, matahari terbit dari arah timur. Sedangkan Mesir berada di belahan Bumi utara. Jadi, ketika matahari bergerak, maka bayang-bayang tugu obelisk akan bergerak ke kanan. Nah, inilah alasan terkuat yang mendasari ide untuk membuat jarum jam bergerak ke kanan.
Seandainya Mesir berada di Bumi Utara, maka mungkin saja saat ini jarum jam dibuat ke kiri.

Sumber : http://www.apakabardunia.com/2012/09/asal-muasal-kenapa-jarum-jam-bergerak.html

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar