Gobak Sodor “Go Back Trough The Door”

Bookmark and Share
Gobak Sodor  “Go Back Trough The Door”

Kalian tahu “Gobak Sodor”? Permainan ini memang tidak masuk dalam daftar olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade London maupun olimpiade-olimpiade sebelumnya. Tidak juga dalam PON. Tidak ada mendalinya. Mungkin bahkan di acara 17-an di kampung-kampung kalian pun tidak ada. Tetapi permainan ini tidak akalah seru dibandingkan sepak bola atau pertandingan olah raga kebanyaakan.

Gobak sodor merupakan permainan tradisional bangsa sendiri. Di setiap wilayah di Indonesia gobak sodor lebih dikenal dengan nama yang berbeda seperti galah asin atau di galasain di Jawa Barat atau main cak bur atau main belon di daerah Riau Daratan.

Permainan gobak sodor terkenal di wilayah Pulau Jawa terutaman di wilayah Jawa Tengah. Konon permainan ini berasal dari derah Yogyakarta.

Nama gobak sodor berasal dari kata gobak dan sodor. Gobak berarti bebas dan sodor berarti tombak. Dahulu para prjurit mempunyai permainan yang bernaman sodoran sebagai latihan keterampilan dalam berperang. Sodor ialah tombak dengan panjang kira-kira 2 meter tanpa mata tombak yang tajam pada ujungnya.

Permainan ini terdiri dari 6-10 pemian yang terbagi dalam dua tim yaitu tim jaga dan tim serang. Perminan ini dapat  memanfaatkan lapangan bulu tangkis maupun voli yang dibagi enam bagian. Permainan ini bisa juga dimainkan dengan menggunakan lapangan segi empat yang berukuran 9x4 meter. Kemudian antar garis panjang ditarik garis melintang sehingga terbentuk beberapa persegi panjang. Setelah itu tarik garis tengah yang tegak lurus dengan garis melintang sehingga akan terbentuk banyak petak yang sama besar. Garis ini disebut garis sodor. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur.

Cara bermain gobak sodor itu gampang –gampang susah. Inti dari permainan ini adalah pergi kegaris paling belakang dan kembali lagi ke garis awal dengan melewati petak-petak tanpa tersentuholeh timjaga, maka tim serang menang dan memndapatkan poin. Tetapi jika salah satu pemain tim serang tersentuh oleh tim jaga sebelum sampai ke pangkalan lagi, maka tim serang dinyatakan kalah. Setelah itu tim serang berganti menjadi tim jaga, dengan garis petak awal atau garis terdepan sebagai sodor. Jika 2 atau lebih pemain tim serang berada di satu petak, maka tim serang kalah dan berganti menjadi tim jaga. Demikianlah tahapan permainan gobag sodor yang bisa diserangkan berulang kali.

Permainan ini susah karena kita dituntut untuk berjaga dan berlali secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan.

Dalam permainan ini kita akan memerlukan kersama tim serta strategi yang baik. Selain itu dibutuhkan ketangkasan dan kecerdikan dalam bermain.

“Go Back Trough The Door”
Istilah “Go Back Trough The Door” saya ambil dari salah satu situs. Memang nama itu bukan bahasa Inggris dari gobak sodor ataupun asal dari nama gobak sodor. Tapi memang selain istilah yang klop dengan gobak sodor arti secara harfiahnya hamper sama. Istilah “Go Back Trough The Door” atau kembali ke pintu sama seperti inti dari permainan ini.

Bagaimana mengasikkan bukan? Nah, selamat mencoba ^_^
-W-


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar