Cara Mudah Menanam Hidroponik Paling Sederhana

Bookmark and Share


Menurut Wikipedia.com, Hidroponik adalah suatu Teknologi atau Teknik menanam tanaman tanpa tanah melainkan menggunakan air yg bernutrisi dan bergizi yg mengalir. Hidroponik sendiri ada Aeroponics, Deep Water Culture, Flow Sub Irrigation, NDD, DFT, dan hal rumit lainnya tertawa.gif (19×19)

Saya sendiri udah mencobanya dan ternyata mudah. Emang sih jika Anda ngelihat caranya emang agak susah pusing.gif (26×18)

Inti Hidroponik : “Menanam tapi batang dan daunnya gak kena Air 

Menurut saya, inti Teknologi Hidroponik adalah menanam tanaman “akarnya” ada di air. Tapi Batang dan daunnya ngga boleh basah atau kena air.
Yah, itu aja sih intinya….., SIMPEL terimakasih.gif (100×50)

SIMPEL, tapi SUSAH, sering orang yg gagal adalah karena batang dan daunnya keredam air dan airnya gak mengalir. inilah alasan kenapa byk orang gagal tanamannya mati/layu.
Cara Simpel : memasak.gif (100×85)
Di AS Seperti Video di atas umumnya mereka pakai Pipa yg mengalir, kolam yg besar, pake Pot Khusus yg disebut Rock Wool dan Spons dan pake Teknologi canggih lainnya. kehujanan.gif (25×24)

Tapi, seperti yg saya katakan tadi. Bagi Anda yg pengen menanam Hidro intinya gimana caranya biar akarnya ada di air, tapi batang dan daunnya ga di air atau ga kena basah. Contoh sederhana punya saya adalah menggunakan Arang, Ember dan Akua bekas yg bawahnya udah dibolong.



AIR NUTRISI : pelangi.gif (22×22)
Biasanya pakai Pupuk Hidroponik,  yg Sederhananya pake Pupuk Mutiara (NPK) atau air kolam yg tiap hari mesti kena sinar matahari 5 jam dan airnya mesti mengalir terus. Selesai. Contoh Tanaman yg bisa hidup adalah Sawi, Bayam, Selada, Kangkung, Cabe, Tomat, Melon, Semangka, Mentimun, Paprika

Semoga bermanfaat ya


RALAT : bidadari.gif (78×50)

Mohon maaf atas informasi diatas ya, ternyata cara yg saya lakukan adalah Salah. Menurut Mas “TEGUH” Pakar Hidroponik, katanya akar juga butuh oksigen buat bernafas. Jadi Akar ngga boleh terendam ama air sepenuhnya.



Jadi, cara yg paling ampuh mungkin bisa anda ikuti cara mas teguh di link ini yah,  :







Atau contoh lainnya yg Efektif adalah seperti ini :

Langkah 1 : Cari botol bekas Air Mineral dan Anda bisa potong jadi 2 bagian


Langkah 2 : Masukkan Kain atau Sumbu biar air dari bawah menyerap ke akar. Nah, ini nih dia kesalahan yg saya lakukan, yaitu ngga menggunakan Kain seperti yg diajarkan ama Teguh malumalu.gif (18×18)

Untuk Simpelnya anda bisa menonton Trailer Video Tutorial dibawah ini yah.

Saya Percaya Anda Pasti bisa melakukannya memasak.gif (100×85)

Sebelumnya ini dia Foto Hidroponik punya saya ya. Jujur aja nih, Percobaan yg saya lakukan masih baru 1 itupun Cuma iseng iseng dong. He he…, Makasih ya dan Semoga Menginspirasi anda yah. GBU 


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar