8 Masjid Tertua di Dunia

Bookmark and Share


Masjid merupakan tempat suci untuk ibadah umat Islam. Di dalam masjid, ibadah yang dilakukan umat Islam antara lain adalah salat, berdoa, mengaji, dan berdzikir kepada Allah SWT. Ibadah ini sudah dilakukan sejak berabad-abad tahun yang lalu, sehingga beberapa masjid terkenal dengan usianya yang sudah sangat tua. Masjid-masjid berikut merupakan masjid tertua yang umurnya telah mencapai ratusan tahun. Berikut 8 Masjid Tertua di Dunia.

1.       Masjid Quba, Saudi Arabia



Masjid ini berada di lingkungan terpencil di Madinah, Arab Saudi. Akan tetapi, masjid ini menjadi masjid yang paling tua di dunia. Nabi Muhammad beribadah lebih dari 20 malam di masjid ini, yaitu berdoa qasr sembari menunggu Ali yang rumahnya terletak di belakang masjid.

2.       Masjidil Nabawi, Saudi Arabia


Nama masjid ini tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak yang sudah mengenal masjid yang terletak di Madinah ini. Masjid ini dijadikan tempat peristirahatan terakhir oleh Nabi Muhammad. Makam Nabi ada di sana.

3.       Masjid Qiblatain (Dua Kiblat), Saudi Arabia


Masjid QIblatain ini berada di kota Madinah di mana dulunya menjadi tempat untuk Nabi Muhammad memimpin doa. Selain itu,di masjid inilah diperintahkan melakukan pengubahan arah shalat (kiblat) dari Yerusalem ke Makkah. Sampai saat ini, arah kiblat masih ada dua, tetapi yang mengarah ke Yerussalem sudah tidak terpakai lagi. Belum lama ini, masjid tersebut mengalami perenovasian.

4.       Masjid Jawatha, Saudi Arabia



Masjid Jawatha berada di Desa Alkilabiyah, sekitar 12 km dari timur Laut Hofuf, Al-Ahsa, Arab Saudi. Masjid ini masih dijadikan tempat untuk berdoa.

5.       Masjidil Haram, Saudi Arabia


Masjidil haram dikenal sebagai salah satu masjid yang paling besar di dunia dan berada di kota Makkah. Masjid ini mengelilingi Ka’bah. Masjidil Haram juga disebut-sebut sebagai masjid agung.

6.       Masjid Agung Kufah, Iraq


Masjid Agung Kufah terletak di Kufah, Irak. Masjid ini termasuk dalam daftar masjid yang didirikan paling awal dalam Islam. Bangunannya dibangun kira-kira di abad ke-7.

7.       Masjid Uqba, Tunisia


Masjid Uqba disebut juga sebagai Masjid Agung Kairouan. Masjid ini menjadi salah satu terpenting yang ada di Tunisia.

8.       Imam Hussain Mosque, Iraq


Imam Hussain Mosque adalah tempat suci yang ada di Karbala, Irak. Bangunannya berada di lokasi Ali. Setiap tahunnya, banyak penziarah yang mengunjungi kota dan mengamati masjid tersebut.


Sumber: http://terselubung.blogspot.com/2013/04/berikut-ini-masjid-masjid-tertua-di.html

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar