7 Alat Doraemon yang Sudah Berhasil Tercipta

Bookmark and Share

Doraemon, robot yang katanya berasal dari abad ke-22 ini terkenal dengan alat-alatnya yang begitu canggih dan sulit dinalar memakai akal dan sepertinya mustahil tercipta. Tetapi, taukah kamu bahwa beberapa alat yang pernah Doraemon gunakan sudah tercipta saat ini? Berikut adalah 7 Alat Doraemon yang Telah Tercipta di Kehidupan Nyata!

1.     Baling-Baling Bambu

Baling-baling bambu
Baling-aling bambu merupakan alat doraemon yang paling sering dipakai untuk sarana transportasi. Baling-baling ini berbentuk kitiran sederhana yang dapat ditempatkan di bagian tubuh manapun. Alat ini berjalan dengan tenaga baterai. Jadi, kalau baterainya habis, ya jatuh, deh!

Jetpack
Nah, saat ini sudah tercipta alat yang fungsinya mirip dengan baling-baling bambu. Meskipun bentuknya tak seramping dan sekecil baling-baling bambu Doraemon dan hanya bisa beroperasi beberapa menit saja, tetapi ya inilah teknologi yang baru tercipta. Setidaknya fungsinya sama. Mungkin saja di abat ke-22 nanti, yang sekecil punya Doraemon sudah bisa tercipta.

2.     Konyaku Penerjemah
Konyaku Penerjemah
Alat ini dipakai ketika Doraemon atau Nobita bertemu dengan bangsa lain yang menggunakan bahasa asing. Dengan alat ini, seketika bahasa mereka bisa diterjemahkan ke bahasa Jepang, bahasanya Nobita.

Google translate
Nah, untuk saat ini, teknologi manusia yang bisa menerjemahkan bahasa adalah Google Translator, Yahoo, dan lainnya. Tetapi, teknologi ini baru bisa menerjemahkan bahasa manusia saja, dan belum sempurna, sehingga masih terus dikembangkan.
Oh, ya, untuk bahasa anjing, perusahaan di Jepang dan Amerika membuat beberapa gadget yang bernama bow-lingual.
Woof Woof !!! GRRRRR = Makan dong

3.     Satelit Pribadi
Gadget yang satu ini fungsinya adalah memata-matai atau berkomunikasi dengan target yang telah sebelumnya ditentukan.
Facebook chat (kiri) dan Google earth (kanan)
Sekarang kita bisa melakukan hal yang hampir sama dengan dengan bantuan perkembangan teknologi, coba simak Google Latitude, Google Map, Google Earth atau melalui fitur chat facebook. Keempatya mampu melacak orang, bahkan bukan hanya posisi tapi juga kesukaan, hobi, status hubungan dan informasi pribadi lainnya.

4.     Printer 3 Dimensi
Printer 3D
Sebagai anak orang kaya, Suneo suka memamerkan barang-barang mahalnya, seperti miniatur  perkotaan yang dibangun dalam bidang tiga dimensi. Dengan bantuan Doraemon, tentu saja Nobita tidak pernah mau kalah. Dengan sprinter 3 dimensi milik Doraemon, ia mampu membuat gambar tiga dimensi yang super WOW! Hanya dengan memotret suatu benda, kemudian bisa langsung dicetak hampir sama dengan benda tersebut.
Printer 3 Dimensi
Di dunia nyata, sekarang banyak pabrik yang menggunakan acuan dari model komputer untuk memproduksi komponen dalam bentuk presisi dan massal. Tentu saja komponen yang diproduksi tidak langsung bisa dipakai, tapi masih dirakit dengan komponen lain. Di masa mendatang tentunya proses akan semakin canggih dan semakin memudahkan untuk membuat alat baru.

5.     Saringan Air Laut
Ketika Nobita kepanasan di pantai, tidak ada air tawar untuk diminum, Doraemon biasanya mengeluarka alat ini. Tinggal sedot, maka akan keluar air tawarnya yang langsung bisa diminum.
Saringan air laut
Saat ini peneliti dari MIT telah menemukan alat portabel yang mampu menyaring garam dari air laut dengan proses reverse osmosis sehingga byproduct dalam bentuk air tawarnya bisa diminum.

6.     Roti Pengingat
Roti pengingat
Saat akan ulangan, Nobita pasti kesulitan untuk belajar menghafal rumus-rumus yang diberikan Pak Guru. Nah, fungsi alat ini adalah untuk mempertajam ingatan Nobita. Hanya dengan makan roti ini, maka segala informasi akan langsung bisa diingat oleh Nobita. Tetapi dibatasi waktu tentunya...
Saat ini sedang dikembangkan chip yang ditanam dalam bagian tubuh dan mampu membantu manusia dalam mengingat sesuatu atau menggantikan tugas saraf (misalnya pada saat kecelakaan).



7.     Ensiklopedia Segala Tahu
Ensiklopedia segala tahu
Jika Doraemon ingin mengetahui jawaban atas pertanyaan yang biasanya dilontarkan Nobita atau dirinya sendiri, maka alat ini digunakan. Cukup dengan memakai mickhusus, kemudian mulai bertanya. Maka alat ini akan segera memberitahukan jawabannya.
Wikipedia
Nah, teknologi yang sudah berkembang pesat di jagat nyata ini tentu saja sobat ZoPi sudah tahu, kan? Yes, Google Search, Yahoo!, dan Wikipedia adalah tiga nama besar dalam kemampuannya menjawab berbagai pertanyaan kita.
Oh, iya sekarang mesin pencari sudah mempunyai fitur pencarian berdasarkan suara loh. Asal menggunakan gadget-gadget berbasis Android, Blackberry atau Smartphone Lainnya...

Nah, itulah ketujuh alat Doraemon yang berhasil diciptakan di zaman ini. Semoga teknologi bisa terus berkembang, dan mungkin saja 100 tahun ke depan, alat-alat Doraemon yang aneh-aneh dan super canggih bisa tercipta.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar