Mengapa Coklat Identik Dengan Valentine?

Bookmark and Share

Menanggapi request sobat mengenai alasan coklat identik dengan Valentine, kali ini Sinyal Pintar akan mencoba menjawabnya.

Coklat Valentine
Valentine yang jatuh pada hari ini, 14 Februari 2013 merupakan momen yang paling spesial bagi orang-orang yang mau berkasih sayang. Biasanya, coklat merupakah hadiah utama yang mereka berikan kepada orang yang mereka kasihi, entah itu pacar, orang tua, sahabat, dan lain-lain. Tetapi apakah sobat pernah tahu, mengapa Valentine identik dengan coklat?


Hari Valentine memang identik dengan yang namanya coklat. Bahkan ada yang bilang, Valentine tanpa coklat bagaikan novel tanpa tulisan. Novel tanpa tulisan? Apa jadinya? Ya itu nggak bakal disebut novel. Begitu juga kata para kaum muda mengenai Valentine yang tanpa coklat. Menurut mereka, Valentine tidak “ngeh” kalau nggak ada coklat. Bahkan beberapa orang mengharuskannya, harus!

Masuk akal memang bila coklat dijadikan sebagai salah satu “maskot” dari valentine, mengingat reputasinya yang cukup luas sebagai penganan yang dapat menimbulkan rasa bahagia setelah mengkonsumsinya. Ditilik dari namanya, bahan dasar Coklat sendiri terbuat dari biji pohon coklat yang tumbuh di daerah tropis, yang oleh naturalis berkebangsaan swedia dinamakan, Theobroma Cacao, berarti “The Food of God” dalam bahasa yunani kuno.

Ditinjau dari ilmu kesehatan, ternyata secara tidak sadar coklat itu banyak khasiatnya. Coklat bisa memberikan efek nyaman, rileks, dan meningkatkan semangat dalam tubuh. Banyak orang bilang bahwa coklat selain rasanya yang enak bisa buat mood baik lagi. Makanya, cewek-cewek yang lagi menstruasi disarankan makan coklat. Dengan coklat, suasana bisa lebih romantis. Tapi banyak orang takut makan coklat karena masalah gigi, jangan takut coklat justru baik untuk gigi karena coklat mengandung zat yang dapat membunuh bakteri penyebab karang gigi.
Mungkin sebagian dari kita selama ini menganggap kalau permen coeklat dapat menyebabkan gigi keropos serta gemuk yang berlebihan. Namun, sebuah studi di Universitas Harvard mengatakan, Dengan melakukan aktivitas fisik yang cukup serta menu makanan yang seimbang, kamu dapat memperoleh manfaat coklat tanpa harus khawatir dengan risiko pengeroposan atau kegemukan.
Kandungan yang terdapat dalam coklat yang bermanfaat untuk kesehatan :

Antioksidan Kandungan antioksidan dalam coklat cukup tinggi. Antioksidan dalam coklat adalah dari jenis flavonoid yang bisa menangkal radikal bebas. Jika radikal bebas dibasmi, maka daya tahan tubuh akan meningkat. Jadi, coklat berguna dalam membantu tubuh melawan radikal bebas.
Memperpanjang umur Sebuah penelitian di Harvard membuktikan bahwa konsumen coklat mampu bertahan hidup lebih lama daripada yang tidak mengonsumsinya. Salah satu manusia tertua di dunia, Jeanne Louise Calment dapat bertahan hidup hingga usia 122 karena mengkonsumsi dark chocolate sebanyak 2,5 pon dalam seminggu. Tidak disangka ya ternyata coklat berkhasiat dalam memperpanjang usia seseorang.
Menjaga kesehatan jantung Flavonoid yang ada dalam coklat mampu menurunkan LDL sekaligus mengangkat plak pada pembuluh darah. Selain flavonoid, coklat juga mengandung asam oleat yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Dengan demikian konsumen coklat dapat terhindar dari penyakit jantung koroner.
Menjaga kesehatan gigi Coklat mengandung kalsium dan fosfor yang berguna untuk menjaga keutuhan gigi, serta mengurangi asam di mulut dan berkhasiat dalam mencegah gigi berlubang. Selain itu coklat mengandung theobromine yang dapat membunuh bakteri Streptococcus mutans yang bersarang di rongga mulut.
Anti Depresi Karena coklat berkhasiat dalam melebarkan pembuluh darah, maka suhu tubuh akan stabil dan otot-otot mengendur, dengan demikian tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, kandungan phenylethylamine dapat meningkatkan penyerapan triptofan ke otak yang kemudian menghasilkan dopamine. Dopamine berfungsi merangsang perasaan senang dan perbaikan suasana hati. Phenylethylamine juga dapat memunculkan perasaan jatuh cinta (hati berbunga).
Mencegah kanker Coklat mengandung antioksidan fenol yang bermanfaat dalam mencegah kanker. Kandungan antikanker pada coklat ternyata lebih tinggi daripada teh.
Rahasia awet muda Dahulu para wanita menggunakan teh yang mengandung katekin untuk mencuci muka. Katekin dapat menangkal polusi dan radiasi sehingga wajah terlihat cerah dan awet muda. Ternyata kandungan katekin pada coklat lebih tinggi daripada teh. Jadi, mungkin kamu bisa mencoba lulur atau masker coklat yang ditengarai memiliki kegunaan dalam membuat kamu tampak awet muda.
Pas Untuk diet Coklat adalah makanan yang tinggi kalori dan lemak. Namun, lemak yang terkandung di dalam coklat adalah lemak nabati yang bebas kolesterol. Kandungan gizi yang kompleks pada coklat akan memberi efek kenyang namun tetap sehat dibandingkan camilan yang lain seperti gorengan atau makanan lain dari tepung.
Meningkatkan gairah atau semangat Kandungan theobromine dan kafein pada coklat dapat mencegah rasa kantuk dan meningkatkan semangat. Jadi ada baiknya kamu makan coklat saat bosan atau terkantuk.
Meningkatkan kecerdasan Berbagai penelitian menyatakan bahwa coklat memiliki peran dalam melindungi sel saraf otak dan meningkatkan memori otak. Coklat juga berguna dalam mencegah kerusakan sel saraf otak saat terserang stroke.

Bahkan, di Jepang saat valentines day ditetapkan sebagai hari di mana para wanita memberikan coklat buat pria yang disenanginya. Hal ini diwajibkan untuk wanita perkantoran. Sebab, kandungan dopamine yang ada di dalamnya dapat menyebabkan perasaan gembira, meningkatkan rasa tertarik, dan menimbulkan perasaan jatuh cinta. Itu juga jadi faktor mengapa coklat sering diberikan sebagai hadiah tanda cinta. Oleh karena itu muncul juga tuh yang namanya whites day, tanggal 14 Maret. Pada saat itu, pria yang bakal memberikan coklat dengan lawan jenisnya sebagai simbol cinta.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar