Jumlah Peserta Pemilih Kota Medan 2.030.257 Jiwa

Bookmark and Share
Jumlah pemilih di Kota Medan sesuai dengan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) tercatat 2.030.257 orang. DP4 tersebut sudah akurat dan telah dikemas dalam bentuk compact disc untuk penyediaan data pemilih dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilu 2014.

Wali Kota Medan Rahudman Harahap secara resmi menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kota Medan kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan Evi Novida Ginting, di Ruang Rapat III Balai Kota Medan, Kamis 7 Februari.

Serah terima DP4 tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, unsur pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan, Panwaslu, serta diikuti seluruh camat dan lurah se Kota Medan.

Rahudman berharap, DP4 yang diserahkan tersebut bisa menjadi data awal KPU untuk menyusun data pemilih sementara (DPS), kemudian menjadi Data Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu DPR, DPD, dan DPRD pada tahun 2014.

“Dengan pemanfaatan data yang didukung oleh perekaman sidik jari dan iris mata dalam e-KTP, secara efektif dapat mengidentifikasi data ganda penduduk,” paparnya. Ketua KPU Kota Medan Evi Novida Ginting menjelaskan, dari DP4 ini pihaknya akan menyusun DPS. Dalam proses penyusunan tersebut KPU akan melibatkan semua komponen masyarakat yang terkait, termasuk partai politik dan Panwaslu.

“Nanti akan ada proses pemutakhiran. Dari situ kemudian baru menjadi DPT untuk Pemilu 2014,” katanya.(andalas/starberita)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar