Antara Adam dan Meganthropus Palaeojavanicus, Mana yang Kamu Percaya?

Bookmark and Share

Ada yang bisa jawab pertanyaan itu gak? Ada? Kalau ada hebat! Tapi pasti banyak yang bingung, kan? Yuhuuuu! Dulu Ikhwan juga gitu. Bingung, mau percaya yang mana. Sama Adam ya percaya, karena Allah sendirilah yang berfirman. Sama Meghantropus juga percaya, karena sudah ada bukti fosil dari G.H.R von Koenigswald. Namun, bisakah keduanya disatukan? Wow, tentu bisa dong! Gak percaya? Yuk simak pembahasan berikut.


Adam, manusia pertama yang diciptakan Allah seperti di dalam Al-Qur’an:
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (Al-Baqarah : 30)

Delam surat tersebut, Allah berfirman bahwa Dia akan menciptakan khalifah (manusia) di bumi. Berarti sebelumnya belum ada manusia, kan? Jelas sudah, bahwa menurut Al-Qur’an Adamlah manusia pertama yang turun dari surga ke bumi. Cerita sebab turunnya sudah tau kan? Gak perlu diceritain yah!

Meghantropus Palaeojavanicus (Replika)
Itu dari sudut pandang Al-Qur’an. Sekarang Ikhwan mau bicara dari sudut pandang ilmu pengetahuan. Menurut ilmu pengetahuan, manusia pertama adalah Megantropus Palaeojavanicus. Hal ini karena G.H.R. von Koenigswald menemukan fosil tertua yang yang merupakan fosil Meganthropus. Dikatakan fosil tertua karena fosil tersebut ditemukan di lapisan plesitosen terbawah. Meganthropus diperkirakan hidup antara 2 sampai 1 juta tahun yang lalu. Tubuhnya besar dan kuat.

Sekarang, Ikhwan mau mencoba menyatukan kedua cerita di atas. Tapi sebelumnya, Ikhwan mau tanya sama kalian yang masih bingung. Di manakah Adam dan Hawa bertemu? Di manakah fosil Meganthropus ditemukan? Ayo jawab! Biar kamu juga bisa ikut Ikhwan menyatuka cerita ini!

Adam dan Hawa bertemu di Padang Arafah, Arab Saudi. Sedangkan fosil Meganthropus ditemukan di daerah Sangiran, Indonesia. Tempat yang sangat jauh antara keduanya, kan? Sekarang bisakah kamu menganalisa?  Kalau menurut analisa Ikhwan sih, yang pertama tetap Adam (karena berdasar pada firman Allah tadi). Kemudian si Mega itu anak cucu cicit canggah bla bla bla-nya Adam. Lalu mungkin saja fosil Adam gak ditemukan sampai sekarang. Gak tau juga, kenapa Mega bisa sejelek itu. Padahal Adam cakep kok. Atau mungkin cakepnya karena Adam adalah satu-satunya laki-laki pada zaman itu ya? Hehe. Ah udah, lah, ngawur.

Nah, sekarang kamu bisa percaya keduanya tanpa bingung mau milih yang mana. Ya, kan? Jadi, kalau nanti ditanya sama Bapak/Ibu Guru, jawab saja manusia pertama di bumi adalah Adam, sedangkan manusia pertama di Indonesia adalah Meganthropus Palaeojavanicus. Bagaimana, setuju? Berikan komentarmu!

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar