Pangeran Benowo Wonosalam

Bookmark and Share
Makam Pangeran Benowo adalah simbol kepahlawanan dalam masyarakat kecil dan saksi mata sejarah kebudayaan desa-desa di Indonesia yang masih bisa dinikmati hingga sekarang. Sejarah Pangeran Benowo dimulai karena sang Pangeran suka berkelana. Cara Pangeran Benowo bertahan terhadap kerasnya lingkungan hidup, beliau terbilang sangat kuat dan tidak tertandingi pada jamannya. 

Pangeran Benowo sendiri pernah menjadi Bupati wilayah Madiun. Setelah masa kepemimpinannya selesai, beliau melalui pengembaraan dari Madiun menuju Kediri, hingga akhirnya tiba di desa Wonomerto, kecamatan Wonosalam, kabupaten Jombang. Di desa Wonomerto inilah beliau banyak melakukan interaksi dengan masyarakat setempat sampai akhir hayatnya dan dimakamkan disitu. 

Semasa hidupnya, Pangeran Benowo beserta anak buahnya membangun desa yang maju di Wonomerto. Bahkan pada waktu itu orang-orang menaruh hormat kepada Pangeran Benowo karena kecakapannya dalam menata Pemerintahan desa dan membangunnya dengan aneka kegiatan yang bermanfaat. Pembangunan saluran irigasi, perkebunan rakyat, cara beternak sapi dan beberapa kemampuan dasar lainnya diajarkan kepada rakyat setempat. 

Tak mengherankan jika makam Pangeran Benowo di Wonomerto dijaga dengan baik oleh masyarakat sampai sekarang. Bahkan dalam perlombaan bersejarah yang secara rutin dilaksanakan Pemda Jombang, desa Wonomerto berhasil menjadi juara penghargaan Makam Pangeran Benowo. 

Dari sedikit cerita di atas kita dapat menyimpulkan bahwa jasa-jasa orang terdahulu tidak akan pernah dilupakan begitu saja oleh masyarakat sekarang. Dan memang, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. Pangeran Benowo selalu dihormati hingga akhir hayatnya karena beliau dipercaya mampu memberi keajaiban semasa hidupnya. 

Lokasi pemakaman ini tidak sulit untuk diakses. Kondisi jalan raya Wonosalam sudah dibangun dengan cukup baik. Lingkungan asri di sepanjang perjalanan akan memanjakan mata Anda dengan hijaunya hutan tropis berbaur dengan area perkebunan rakyat. Jika dari arah pertigaan kantor Telkom Mojoagung, Anda bisa ambil arah ke selatan menuju Wonosalam. Penduduk sudah sangat mengenal lokasi. Anda tinggal bertanya, mereka tak akan segan menunjukkan lokasinya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar