Mengasah Kemampuan dalam Komunitas

Bookmark and Share
Ada yang berpendapat bahwa penulis adalah profesi penyendiri. Memiliki sebuah dunia kecil yang diciptakannya sendiri, dihidupi oleh tokoh-tokoh yang diciptakannya pula. Serta aturan yang tercipta menyertainya. Sehingga kadang terasa mengasing dalam sebuah lingkungan sosial. Mmm... Betul gak ya?

Memang betul, Namun, tak semua penulis seperti pendapat di paragraf awal tadi. Toh, cukup banyak pula yang lahir dan besar dari sebuah komunitas. Semisal Emha Ainun Nadjib, Korrie Layun Rampan, Linus Suryadi AG dari Persada Studi Klub. Dan, yang paling hangat, (boleh dong narsis dikit ^_^... Gak apa ya) Forum Lingkar Pena.

Hehehe... Forum Lingkar Pena atau disingkat FLP adalah sebuah komunitas kepenulisan yang telah banyak melahirkan banyak penulis-penulis muda berbakat sejak pertama kali dicetuskan pada tahun 1997 oleh mbak Helvy Tiana Rosa. Berkembang sangat pesat hingga  mewabah ke seantero pelosok negeri sampai luar negeri. ( Berani sumpah! Ini fakta. Dan lebih fakta lagi baca aja deh lanjutannya ya...) Sumatera Utara??? Kan sudah dibilang tadi. "Kepelosok Negeri." Jadi ceritanya, termasuk dong.

Walaupun tekad yang kuat, ketekunan, dan kerja keras diri sendiri adalah amunisi utama yang wajib dimiliki calon-calon penulis besar, bergabung dengan sebuah komunitas akan semakin cepat mengasah keindahan tarian kata. Nah, apa lagi keuntungannya? Berikut lima poin keuntungan bagi penulis untuk bergabung dalam suatu komunitas.

  1. Saling mengkritisi karya.
  2. Saling berbagi pengalaman menulis.
  3. Saling memotivasi.
  4. Saling memberi semangat. 
  5. Saling memberi informasi seputar kepenulisan.
Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan-keuntungan yang lain bila bergabung di suatu komunitas kepenulisan. Kasi tau gak ya???? Hehehehe yo wes gabung aja dan cari sendiri keseruannya....

*Denger-denger nih... Ini denger-denger ya. Katanya FLP Sumut buka rekrutmen anggota baru lho... KAPAN??? Weitz... Sabar dulu Mas Bro, Sis... Kabar-kabarnya sih September gitu... Betul gak ya???


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar