Ringkasan Sirah Nabawiyah

Bookmark and Share
Sejarah Nabi Muhammad SAW


Umur 0-1 tahun:
  • Lahir di Mekkah hari Senin
  • Dibawa pulang Halimah Sa'diyah untuk diberi asi ke rumahnya dipegunungan dengan tujuan agar lebih aman dari polusi & lebih baik bahasa Arabnya.
  • Halimah yang dulunya miskin menjadi kaya berkah wujud nabi yang masih bayi saat itu. Unta dan kambingnya semakin banyak dan berkah.
Umur 2 tahun:
Lahirnya Khalifah Abu Bakar As Sidiq r.a.

Umur 3/4/5 tahun: 
  • Diriwayatkan disalah satu dari umur rasul saw ini terjadi pembelahan dada beliau yang mulia. Oleh malaikat ketika beliau masih diasuh oleh Halimah di desa Bani Sa'd.
  • Hikmah pembelahan dada rasul saw & dibersihkannya bagian RAHMAT kepada setan dari hati Rasul saw adalah agar setan yang terkutuk tidak mendapatkan bagian rahmat Rasulullah saw. Karena beliau diutus untuk rahmatan LIL 'ALAMIN, yakni untuk segenap penjuru alam dan setan termasuk didalam penghuni alam ini, maka dikeluarkan bagian tersebut karena jika tidak maka setanpun akan mendapatkan rahmat dan kasih sayang beliau saw yang memang sempurna.
Umur 5 tahun: 
  • Setelah kejadian pembelahan dada tadi RASULULLAH segera diantar pulang oleh Halimah ke ibunya karena tak mampu menahan rasa khawatir akan terjadi sesuatu yang tidak mampu ditanggungnya karena besarnya cinta beliau kepada Rasulullah saw.
Umur 9 tahun: 
  • Beliau saw diajak pamannya Abu Thalib untuk berdagang ke Syam (kini Syam dibagi menjadi 4 negara Libanon, Palestina, Siria, Yordania). Dan ditengah perjalanan bertemu dengan BUHAIRO seorang pemuka agama yang masih berpegang pada syariat Nabi Isa, lalu Buhairo melihat beberapa tanda kenabian pada Rasulullah saw diantaranya adalah bahwa setiap beliau berjalan selalu ada awan yang melindungi beliau dari terik matahari. Seraya beliau memerintahkan kepada Abu Thalib untuk membawa pulang Rasul saw agar menghindari gangguan orang-orang Yahudi yang dikhawatirkan mengenali tanda-tanda kenabian tersebut.
Umur 12 tahun: 
  • Diajak pamannya Abu Thalib pergi ke Syam untuk berdagang dan kali ini sukses hingga kembali ke Mekkah.
Umur 14 tahun: 
  • Terjadi peperangan di Mekkah yang dimenangkan orang-orang Mekkah.
Umur ±18 tahun: 
  • Menanjak usia remaja Rasulullah saw melihat pergaulan remaja Mekkah yang suka begadang beliaupun tertarik untuk bergabung dengan mereka. Maka suatu malam beliaupun mencoba untuk mendatangi pusat "begadang" tersebut, akan tetapi begitu dekat dan belum sempat melihat perkumpulan tersebut beliau DIJAGA ALLAH DARI KELALAIAN dengan diberi rasa mengantuk berat hingga tertidur pulas, maka panasnya matahari pagilah yang membangunkan beliau dari tidurnya. Hal yang sama berulang malam berikutnya hingga beliau mengatakan "sejak saat itu saya tak pernah tertarik lagi dengan perkumpulan yang isinya hanya kelalaian belaka".
  • Ini menunjukkan bahwa Rasulullah saw adalah manusia biasa dan bukan malaikat, akan tetapi beliau adalah manusia kekasih Allah swt yang selalu diberi penjagaan extra dari sifat yang tidak terpuji, maka seorang pemuda yang menyibukkan dirinya beribadah akan mendapat pengayoman di MAHSYAR sesuai hadits Rasulullah saw.
Usia 25 tahun: 
  • Berdagang dengan bekerja sama dengan Siti Khodijah dengan perantara budaknya yang bernama Maisaroh, diperjalanan Maisaroh mendapati banyak keajaiban baik dzohir maupun bathin, serta budi pekerti Rasulullah yang mulia, ditambah barang dagangan laris terjual bila didagangkan Rasulullah saw. Maka kabar tentang akhlak Nabi saw ini sampai ke Siti Khodijah dan beliaupun akhirnya melamar Rasul saw, yang serta merta diterima oleh baginda Nabi. Banyak laki-laki kaya raya yang melamar Siti Khodijah - yang memang terkenal sebagai seorang janda yang sangat cantik, berwibawa, dan kaya raya - tapi semuanya ditolak karena akhlak Nabi saw jauh lebih menarik dibanding uang berlimpah laki-laki Mekkah saat itu.
  • Dari pernikahan dengan Sayyidatuna Khodijah Al Kubro Rasulullah saw mendapatkan enam putra dan putra, mereka adalah:
  1. Abdullah.
  2. Qasim.
  3. Zainab. 
  4. Ruqayyah.
  5. Ummi kultsum.
  6. Fatimah.
  • Rasulullah saw memiliki seorang putra selain 6 orang anak yang dari ibu Siti Khodijah yaitu Ibrahim. Putra dari ibu Mariyah Alqibtiyyah.
  • Semua anak laki-laki Rasulullah wafat ketika mereka masih kanak-kanak.
  • Para menantu Rasulullah saw:
  1. RUQAYYAH r.a menikah dengan sahabat Utsman bin Affan.
  2. UMMI KULTSUM r.a juga menikah dengan sahabat Utsman bin Affan setelah wafatnya Ruqayyah r.a
  3. ZAINAB r.a menikah dengan Abul 'Ash bin Rabi'
  4. FATIMAH r.a menikah dengan Kholifah 'Ali bin Abi Thalib r.a.

Usia 30 tahun: 
Lahir Sayyidina 'Ali bin Abi Thalib

Usia 35 tahun: 
  • Ada peristiwa renovasi Ka'bah dan para kepala suku Mekkah berebut untuk ikut andil dalam mengembalikan Hajar Aswad ke tempatnya setelah diturunkan untuk pembenahan. Maka semua sepakat Nabi Muhammad yang mengembalikannya. Dengan kearifan beliau saw, beliau menggelar serban beliau kemudian meminta agar setiap kepala suku memegang ujung serban tersebut dan mengangkat bersama-sama kedepan Hajar Aswad, baru setelah dekat Rasul ullah saw mengambil Hajar Aswad dengan tangan beliau yang mulia dan mengembalikannya ketempat sedia kala. Setiap kepala suku merasa bisa menerima dengan peristiwa ini dan mereka masuk dalam sejarah yang terbukti dengan pembahasan kita saat ini.
Usia 38 tahun: 
  • Rasulullah SAW mulai sering menyendiri dan mengasingkan diri ke Gua Hiro untuk bertafakkur akan ciptaan Allah swt. Hal ini berlangsung dua tahun hingga turunnya wahyu pertama di gua tersebut.
Usia 40 tahun:
  • Mendapatkan wahyu pertama di Gua Hiro.
  • Saat itu malaikat Jibril datang dengan bentuk aslinya yang sangat besar dan berwibawa, mengatakan pada Nabi SAW "iqro'." (Bacalah) Nabi SAW menjawab "wa ma ana biqoori'." (Saya tidak bisa membaca) lalu dipeluklah Nabi SAW seerat-eratnya oleh malaikat Jibril a.s. Lalu diulang lagi "iqro'." Dan Nabi SAW pun menjawab dengan jawaban yang sama, maka dipeluklah Rasulullah saw untuk yang kedua kalinya dan berulang hingga ketiga kali, barulah setelah itu malaikat Jibril a.s. Menyempurnakan "iqro' bismi robbilladzi kholak" hingga selesai. Lalu malaikat Jibril mengatakan kepada Rasulullah saw "ANTA RASULULLAH". Maka sejak saat itulah beliau resmi diangkat Allah swt menjadi rasul.
  • Diantara yang langsung memeluk agama Islam setelah Rasulullah saw mendapat wahyu adalah:
  1. Sayyidatuna Khodijah
  2. Ali bin Abi Tholib
  3. Zaid Bin Haritsah
  4. Abu Bakar Assiddiq.
Dalam kurun waktu 3 tahun Rasulullah saw berdakwah secara sembunyi-sembunyi. Barulah pada:

Usia 43 tahun: 
  • Beliau mendapat perintah dalam firman Allah Surat An Nahl: 94 untuk berdakwah secara terang-terangan.
Usia 45 tahun:
  • Lahirnya Siti Aisyah r.a
  • Hijrah pertama dalam Islam yaitu sejumlah 15 orang (11 laki-laki dan 4 perempuan) Menuju HABASYAH / ETHIOPIA, dan bertambah jumlahnya hingga ± 83 laki-laki dan 18 perempuan. Akan tetapi Rasulullah saw tidak ikut dalam hijrah ini. Maka Sebagian dari sahabat ada yang kembali ke MEKKAH dan sebagian tetap di ETHIOPIA, hingga Rasulullah SAW hijrah ke Madinah maka mereka semua mengikuti beliau ke MADINAH.
Usia 46 tahun:
  • Umar bin Khattab dan paman Nabi saw Hamzah bin Abdul Mutthalib masuk Islam di tahun ini, Masuknya Umar bin Khattab adalah berkah dari doa Rasulullah saw ketika beliau berdoa agar salah satu dari Umar bin Khattab atau Abu Jahal diberi hidayah Allah swt masuk agama Islam, maka hidayah itu turun ke Sayyidina Umar yang masuk Islam 3 hari setelah Sayyidina Hamzah ra dan terus diangkat derajat beliau hingga menjadi Khalifah yang kedua dan dimakamkan disebelah Rasulullah SAW.

Usia 47 tahun:
  • Embargo dari kafir Quraisy kepada Rasulullah saw dan kaum muslimin khususnya Bani Hasyim dan Bani Mutthalib. Mereka memutuskan untuk melarang hubungan dengan kaum muslimin baik dalam perdagangan, pernikahan, kerjasama, dll. Bahkan kaum muslimin mengungsi ke lembah yang dinamakan LEMBAH ABU THALIB, dan menderita kelaparan yang luar biasa disana. Bahkan Sa'ad bin Abi Waqqosh sniper Rasulullah saw pernah suatu malam yang gelap buang air kecil diatas selembar kulit kering, maka ketika beliau mengetahui bahwa ternyata ada selembar kulit langsung saja diambil dan disucikan, lalu dimasak hingga lembut dan dimakan, juga diriwayatkan wajah para sahabat menghijau karena terlalu sering makan dedaunan. Hal ini terjadi hingga usia beliau 49 tahun.

Bersambung

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar