5 Makanan Ini Terlihat Sehat, Tapi Nyatanya Tidak

Bookmark and Share
Makanan merupakan kebutuhan manusia setiap hari yang harus dipenuhi. Dengan makan, manusia dapat menajalankan aktivitasnya dengan baik. Akan tetapi, saat ini beredar makanan-makanan yang tidak sehat untuk dimakan karena mengandung bahan berbahaya yang seharusnya bukan untuk makanan. Makanan-makanan tersebut memang terlihat enak, bahkan beberapa di antaranya dianggap sehat, padahal sebenarnya tidak sehat. Seperti beberapa makanan berikut.

1. Roti cokelat


Setelah banyak dikabarkan bahwa roti putih tidak baik untuk kesehatan karena terbuat dari tepung terigu dan dapat menyebabkan obesitas, kolesterol tinggi serta diabetes, sehingga konsumsinya dialihkan pada roti cokelat. Padahal roti cokelat tak lebih sehat dari roti putih biasa karena menggunakan bahan kimia. Konsumsi roti berwarna cokelat terlalu sering sebagai menu sarapan diklaim tak sehat, terlebih jika jarang berolahraga.  Memilih semangkuk bubur dengan tambahan beberapa sayuran merupakan alternatif yang baik untuk menu sarapan yang sehat.

2. Sereal sarapan


Tidak semua sereal sarapan yang dijual di pasaran rendah kalori. Oleh sebab itu ada baiknya ketika membeli sereal sarapan, periksa kadar gula, pewarna buatan, garam, serat dan kandungan lemak yang terdapat di dalamnya.

Atau ganti dengan oatmeal. Semangkuk oatmeal atau gandum di pagi hari sangat baik untuk mereka yang memiliki kolesterol tinggi dan diabetes, yang penting tidak menambahkan gula tambahan di dalamnya. Kandungan serat yang tinggi dalam gandum menyeimbangkan gula darah dan mengurangi risiko seseorang mengalami depresi.

3. Yoghurt atau susu dengan aneka rasa


Saat ini sudah banyak dijual produk yoghurt atau susu dengan aneka macam warna dan rasa. Meskipun tampak sehat, namun sebaiknya kamumemilih produk yang tanpa rasa atau plain. Semua produk yang sudah memiliki rasa atau warna lain sudah dipastikan mengandung bahan kimia tambahan. Yoghurt tanpa rasa atau plain merupakan pilihan terbaik bagi kamu yang menyukai olahan susu yang satu ini namun ingin tetap sehat.

4. Nasi putih bagi yang sensitif karbohidrat


Nasi putih sebaiknya dihindari oleh mereka yang sensitif terhadap karbohidrat. Selain itu, faktanya konsumsi nasi putih juga membuatmu lebih sering lapar karena membutuhkan sedikit waktu untuk memecah dan mencernanya.

Jika nasi merupakan makanan yang kamu rasa wajib dikonsumsi, maka sebaiknya kamu beralih pada nasi merah. Nasi dari beras merah biasanya tidak sehalus nasi putih dan lebih mempertahankan beberapa nutrisi. Selain itu, diperlukan waktu lebih lama untuk mencerna nasi merah dan mengantarkan glukosa ke dalam aliran darah sehingga tekanan darahmu tidak akan terpengaruh.

5. Camilan sereal renyah

Camilan sereal renyah (crispy cereal bars) yang banyak dijual di pasaran selama ini dikatakan sebagai pilihan camilan yang sehat dan memenuhi 'keinginan' kita akan makanan manis. Namun faktanya makanan ini tetap mengandung gula. Kamu masih diperbolehkan mengonsumsi camilan ini selama tidak terlalu sering dan hanya sesekali.

Keinginan untuk mengonsumsi makanan manis atau sugar craving dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan kering seperti kurma, kismis, aprikot kering dan buah-buahan kering lainnya.

Sumber: detikhealth

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar