Ternyata Telepon Bukan Temuan Alexander Graham Bell

Bookmark and Share

Hal ini sangat menarik karena selama ini kita mengetahui bahwa Alexander Graham Bell adalah sang penemu telepon. Ternyata yang menemukan telepon pertama kali adalah Antonio Meucci.
Antonio Meucci lahir di San Frediano, dekat kota Firenze pada tahun 1808. Meucci adalah salah satu lulusan Akademi Kesenian Firenze. Penemuan pertamanya bukanlah telepon melainkan sebuah peralatan listrik yang bernama Teletrofono. Meucci pertama kali membuat telepon pada tahun 1849 di Milano, Italia.
Nah bagaimana kisahnya sehingga Alexander Graham Bell yang justru disebut sebagai penemu telepon?
Pada tahun 1850 Meucci pindah ke Staten Island, New York. Pada saat itu ia mengalama kecelakaan karena meledaknya kapal feri Staten Island. Ia mengalami luka bakar serius. Karena hal itu ia mendadak jatuh miskin dan akibatnya ia gagal untuk memperpanjang patennya pada tahun 1871.
Kesempatan inilah yang digunakan oleh Alexander Graham Bell untuk mematenkannya pada tahun 1876. Antonio Meucci pun berang dan bertindak. Ia mengirimkan gambar sketsa dan model asli
peralatannya ke Lab Western Union. Di luar dugaan ternyata Alexander Graham Bell juga bekerja di tempat itu, dan semua sketsa yang dibuat oleh Meuccipun hilang secara misterius.
Pada tahun 1876, Alexander Graham Bell secara resmi menyandang status sebagai penemu telepon. Keteganganpun berlanjut. Antonio Meucci tidak terima dan menyewa pengacara untuk memprotes hal ini pada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington.
Antonio Meucci meninggal pada tanggal 18 Oktober 1889. Ternyata setelah meninggalnya Meucci baru terungkap bahwa Alexander Graham Bell menyetujui membayar 20 persen keuntungan komersial atas penemuannya kepada Western Union selama 17 tahun. Pada tanggal 11 Juni 2002, kongres Amerika Serikat menetapkan bahwa Antonio Meucci sebagai penemu telepon.
Sobat, hal ini menjadi menarik, karena Michael H. Hart dalam bukunya yang sangat kontroversial tetapi laris di dunia yang berjudul 100 orang yang paling berpengaruh di dunia sepanjang masa,
menempatkan Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon. Barangkali dalam buku-buku pengetahuan umum, kita juga masih mendapati bahwa Alexander Graham Bell-lah yang menemukan telepon.
So, akankah kita tetap berpendapat bahwa Alexander Graham Bell adalah penemu telepon, atau mengingat Antonio Meucci sebagai penemu telepon?

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar