Gelang Leher Padaung

Bookmark and Share


Padaung yang terletak di pegunungan Burma sampai Thailand mempunyai kebiasaan yang sangat unik dan tidak wajar. Para wanita suku Padaung memasang gelang pada leher mereka.
Rasa sakit harus mereka alami selama bertahun tahun. Gelang yang sudah di pasang dari awal, anti untuk melepasnya.

Leher adalah bagian tubuh yang menghubungkan leher dan kepala akan disisipi gelang logam yang beratnya bisa mencapai lebih dari 5 kg dan gelang kaki di bawah lutut beratnya 1 kg. Jadi mereka setiap harinya membawa beban 6 kg. Dan panjangnya pun bisa mencapai 40 cm atau hampir setengah meter. Gelang tersebut dipakaikan saat usia 5 tahun. Awalnya hanya 2-3 gelang yang di tumpuk, dan setiap 2-3 tahun sekali tumpukan gelang di tambah sampai umur mereka 19 tahun. Tulang leher yang selama ini di topang logam justru akan lemah. Sesak nafas dan berujung kematian yang dapat ditimbulkan jika gelang itu dilepas secara tiba-tiba. Berat gelang-gelang itu mendorong tulang selangka, tulang bahu dan tulang rusuk turun. Sehingga secara otomatis leher wanita itu memanjang.
Fungsi lain dari gelang-gelang itu adalah sebagai pelindung. Lingkaran gelang yang ditambahkan dari ia kecil hingga dewasa menyebabkan bahu mereka melekuk secara dramatis dan leher mereka pun menjadi panjang. Mereka menganggap memakai gelang logam itu adalah tanda kecantikan. Dimana gelang-gelang tadi dibentuk melingkar atau dililitkan ke leher mereka. Gelang itu bisa dilepas tapi proses pelepasannya sendiri tidak mudah dan hanya dilakukan pada saat menikah, melahirkan dan meninggal dunia.









{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar