Pesawat Airbus A380 diproduksi oleh Airbus S.A.S. Pesawat ini adalah sebuah pesawat dengan dua tingkat, dengan empat mesin yang mampu memuat 850 penumpang dalam konfigurasi satu kelas atau 555 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas. Pesawat ini melaksanakan penerbangan perdana pada 27 April 2005 dan akan memulai penerbangan komersial pada akhir tahun 2007 setelah ditunda beberapa kali. Pesawat ini juga merupakan pesawat komersial (pesawat penumpang) terbesar yang pernah dibuat.
Saat pesawat pertama dibuat dan terbang mengangkasa, ukuran pesawat terus dibuat semakin besar. Pada tahun 1950 boeing memproduksi 707 yang besar. kemudian pada tahun 1970, boeing memproduksi dan meluncurkan boeing 747 yang berukuran lebih besar lagi. Tahun 2006, pesawat raksasa A380 baru mengangkasa.
Saat ini Airbus A380 adalah pesawat terbang sipil yang paling ambisius. Ketika memasuki layanan pada bulan Maret 2006, A380 akan menjadi pesawat terbang terbesar di dunia, melebihi Boeing 747. Airbus memulai pembuatan pesawat terbang besar ini dengan model A3XX, pada bulan Juni 1994.
Saat ini Airbus A380 adalah pesawat terbang sipil yang paling ambisius. Ketika memasuki layanan pada bulan Maret 2006, A380 akan menjadi pesawat terbang terbesar di dunia, melebihi Boeing 747. Airbus memulai pembuatan pesawat terbang besar ini dengan model A3XX, pada bulan Juni 1994.
Karena saking besarnya, maka desainnya disesuaikan dengan infrastruktur yang sudah ada di bandara dengan sedikit modifikasi dibandara tersebut,dengan biaya operasional per kursi sekitar 15-20% lebih kecil dari pada yang terdapat pada Boeing 747-400. Dengan luas lantai 49% lebih banyak, lebih banyak ruang dan 35% tempat duduk lebih banyak dari pesawat komersial terbesar yang pernah ada. Airbus memastikan bahwa kursi yang ada lebih luas dan lebih nyaman untuk kenyamanan penumpang. Menggunakan teknologi yang paling maju, yang A380 ini juga dirancang untuk memiliki emisi bahan bakar 10-15% lebih rendah, dan menhasilkan sedikit kebisingan.
landing gear A380. Roda sebanyak ini diperlukan untuk menopang berat A380 yang beratnya sekitar 277 ton
Kokpit pada pesawat ini juga didesan dengan sangat modern dengan menggunakan layar model LCD
landing gear A380. Roda sebanyak ini diperlukan untuk menopang berat A380 yang beratnya sekitar 277 ton
Beberapa model A380 yang direncanakan yaitu sebagai dasar pesawat terbang adalah 555 kursi A380-800 (memulai pelanggan Emirates). Dengan 590 ton MTOW 10.410 km (5620nm) A380-800F pesawat akan mampu membawa 150 ton dan payload saat memasuki layanan pada 2008 (dimulai dari FedEx). Potensi masa depan akan meliputi model-model yang lain dengan jumlah kursi yang berbeda seperti, 480 kursi pada A380-700, 656 kursi pada A380-900. Pada tahun 2002 lebih dari 6.000 orang bekerja pada pengembangan A380.
Kontraktor utama untuk pesawat ini berasal dari Perancis, Jerman, Inggris dan Spanyol, komponen untuk A380 airframe juga diproduksi oleh industri mitra di Australia, Austria, Belgia, Kanada, Finlandia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Belanda, Swedia , Swiss dan Amerika Serikat. Perakitan/pembuatan tahap akhir A380 berlangsung di Toulouse, Perancis, dengan interior fitment di Hamburg, Jerman.
Pada tanggal 24 Juli 2000, Emirates menjadi pelanggan/pemesan pertama, diikuti oleh Air France, International Lease Finance Corporation (ILFC), Singapore Airlines, Qantas dan Virgin Atlantic. Bersama ini perusahaan menyelesaikan 50 pesanan. Kemudian berikutnya menyusul FedEx (peluncuran pelanggan untuk kapal pengangkut A380-800F), Qatar Airways, Lufthansa, Korea Air, Malaysia Airlines, Etihad Airways, Thai Airways dan UPS.
Pesawat ini mempunyai mesin empat mesin buatan Rolls-Royce Trent-900 yang mampu memberikan daya dorong 36.280 kg atau empat mesin kipas turbo Alliance Gp 7200, dengan daya dorong 37.003 kg.
Pesawat A380 versi standar memiliki 854 kursi untuk penumpang, sementara A380-900 memiliki 1000 kursi untuk penumpang. di atas pesawat ini terdapat pusat pembelanjaan,tempat bermain anak-anak, dan fasilitas-fasilitas lainya.
Airbus A380 VIP ‘Flying Palace’
Rancang bangun interior Airbus A380 berpenumpang 20 atau 60 orang berisikan peralatan lengkap kantor atau ruang tidur, kursi nyaman, cocktail bar atau ruang makan dining atau relaxing zone dengan super-size TV screen.
Mesin
Tenaga disediakan dengan pilihan mesin turbofan Rolls-Royce Trent atau Engine Alliance GP7200. Rolls-Royce Trent pada awalnya menang dalam kompetisi (dipesan lebih banyak oleh para pemesan A380) namun, Engine Alliance memulihkan penjualannya dan pada sekarang ini mesinnya mendapat setengah bagian pasar.
Peluncuran
Airbus A380 diperlihatkan untuk pertama kalinya kepada publik pada Pada Januari 18, 2005, peluncuran Airbus A380 secara resmi dinyatakan dalam sebuah upacara yang sangat mewah, dihadiri 5.000 tamu yang diundang termasuk Perancis, Jerman, Inggris dan presiden Spanyol dan perdana menteri, yang merupakan negara yang berinvestasi 10 tahun, € 10 miliar + ($ 13 miliar) dalam program pesawat terbang, dan CEOs dari 14 A380 pelanggan, yang telah ditempatkan perusahaan untuk pesanan 149 pesawat terbang.Januari 2005. A380 melakukan penerbangan perdananya pada 27 April 2005 dari Blagnac Toulouse International Airport, Toulouse, Perancis pada 8:29 UTC dan kembali mendarat dengan selamat pada 12:22 UTC di bandara yang sama.
Fasilitas
Airbus dan maskapai penerbangan yang akan menggunakan A380 menekankan kemampuan pesawat ini yang meningkatkan kenyamanan penumpang seperti kabin yang lebih luas dan berbagai fasilitas lain seperti bar, toko-toko, bahkan kasino seperti yang diumumkan oleh Virgin Atlantic.
Namun, melihat pengalaman Boeing 747 yang dahulu juga menjanjikan hal serupa, kelihatannya ruang yang lebih luas ini kemungkinan tidak akan dipakai untuk hal-hal seperti itu namun hanya akan dipakai untuk meningkatkan kapasitas pesawat dan menekan pengeluaran. Walau begitu, dengan perhitungan kapasitas 555 kursi, A380 seharusnya bisa menghadirkan kabin kelas ekonomi yang lebih luas.
Bandara juga memerlukan modifikasi pada terminalnya untuk dapat mengakomodasi naik turunnya penumpang yang lebih banyak. Gate 2 tingkat juga bisa diharapkan untuk meningkatkan efisiensi.
Opini
Interior kamar tidur di kabin Airbus A380
Opini publik saat pertama kali disajikan Airbus A380 adalah kekaguman akan ukurannya yang sangat besar dibandingkan B747 apalagi setelah melihat bahwa A380 benar-benar memiliki 2 tingkat dari depan sampai belakang.
Walau demikian, banyak juga yang mencemaskan akan terjadi kepadatan di bandara dan fasilitas-fasilitasnya termasuk saat mengambil bagasi dimana saat penumpang semakin banyak, jumlah bagasi yang diangkut akan meningkat.
Pemesanan
Interior ruang makan di kabin Airbus A380
Saat ini, sekitar 15 maskapai penerbangan sudah memesan pesawat A380 ini dengan total 154 order. Pemesanan tertinggi dilakukan oleh Emirates sejumlah 41 buah. Maskapai lain yang juga memesan A380 ini antara lain Lufthansa, Qantas, Singapore Airlines, dan Malaysia Airlines. Airbus sendiri menyatakan bisa memenuhi pesanan 4 buah per bulan.
Penerbangan komersial pertama sudah digembar-gemborkan oleh Singapore Airlines yang sudah mempromosikan bahwa mereka akan menjadi maskapai pertama yang menggunakan A380 untuk rute London dan Sydney dari Singapura yang dijadwalkan dimulai pada akhir Oktober 2007.
Route-Proving
Pada tahun 2006, Airbus A380 telah menjalani 18 hari tur keliling dunia (route-proving) menuju beberapa kota besar di dunia. Route-proving untuk tahun 2006 terbagi atas empat rute, yaitu:
Pada tahun 2006, Airbus A380 telah menjalani 18 hari tur keliling dunia (route-proving) menuju beberapa kota besar di dunia. Route-proving untuk tahun 2006 terbagi atas empat rute, yaitu:
* Toulouse-Singapura-Seoul
* Toulouse-Hong Kong-Tokyo
* Toulouse-Guangzhou-Beijing-Shanghai
* Toulouse-Johannesburg-Sydney-Vancouver
* Toulouse-Hong Kong-Tokyo
* Toulouse-Guangzhou-Beijing-Shanghai
* Toulouse-Johannesburg-Sydney-Vancouver
Airbus A380 juga melakukan route-proving kedua pada tahun 2007 selama 12 hari dengan menggunakan nama Lufthansa. Route-proving untuk tahun 2007 terbagi atas tiga rute, yaitu:
* Frankfurt-New York-Chicago
* Frankfurt-Hong Kong
* Frankfurt-Washington D.C.-München
* Frankfurt-Hong Kong
* Frankfurt-Washington D.C.-München
Trivia
* Kedatangan A380 di Hong Kong saat route-proving terlambat dua jam akibat kebocoran salah satu pipa hidrolik di Frankfurt. Di bandara Frankfurt tidak tersedia suku cadang A380 sehingga harus didatangkan dari pabriknya di Toulouse, Perancis.
* Di München, lebih dari 23.000 orang memadati bandar udara Munich untuk melihat pesawat double-decker itu.
* Di München, lebih dari 23.000 orang memadati bandar udara Munich untuk melihat pesawat double-decker itu.
Konfigurasi
Airbus baru ini akan dijual dalam dua versi:
* pesawat terbang penumpang (A380-800)
* pesawat terbang penumpang (A380-900)
* pesawat kargo (A380-800F) (150 ton)
* pesawat terbang penumpang (A380-900)
* pesawat kargo (A380-800F) (150 ton)
Berikut ini adalah spesifikasi Airbus A380
Pengembangan A380-900
Pada tahun 2009, Airbus akan menambah satu tipe untuk A380 yakni A380-900. Di mana pesawat ini mampu menampung 1000 orang penumpang. Jika dibandingkan dengan A380-800 yang mampu menampung 800 orang penumpang tipe ini mampu memuat 200 orang penumpang lebih banyak. Saat ini banyak maskapai penerbangan yang memiliki armada A380 yang memesan pesawat terbang penumpang terbesar di dunia ini. Untuk mengantisipasi masalah yang besar, pihak bandara Internasional sudah memodifikasi airbridge atau garbaratanya menjadi 2 tingkat.
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar