Subhanallah, Ternyata Angka 19 yang Spesial di Dalam Al-Quran!

Bookmark and Share
Mengapa spesial? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dulu kita ingat pada nilai numerik huruf. Sama seperti nilai numerik pada angka-angka Romawi, huruf Arab juga memiliki nilai numerik (numerical value atau gematrical value).
Untuk keterangan mengenai nilai numerik setiap huruf, dapat dibaca di sumber lainnya terserah kamu. Di sini hanya akan mengulas mengenai angka 19.
Setelah mengetahui nilai numerik untuk setiap huruf, sekarang kita bisa menjawab mengapa 19 spesial di dalam al-Quran, sekaligus mengungkap keajaiban tersembunyi dalam al-Quran. Berikut beberapa hal yang dapat digunakan untuk menjelaskan mengapa 19.
1.     Angka 19 merupakan nilai numerik dari kata “Waahid (واحد)” yang artinya “esa/satu”. Lihat tabel berikut.
2.     19 terdiri dari dua angka yang merupakan angka pertama dan terakhir (1 dan 9). Hal ini merujuk pada sifat Allah yang Maha Awal dan Akhir. “Dialah Yang Awal dan Yang Akhir...”(QS. Al Hadiid : 3)
3.     Kata “waahid” disebutkan sebanyak 25 kali dalam al-Quran, di mana yang 19 merujuk kepada Allah. Sisanya yang 6 merujuk pada hal lain seperti minuman, pohon, dan sebagainya.
4.     Nomor surat dan jumlah surat yang ada kata “waahid” yang merujuk kepada Allah jika dijumlahkan, maka totalnya adalah 361, atau 19x19.

Keempat penjelasan di atas adalah seputar kata “waahid”, berikut ini adalah hal lain yang menunjukkan spesialnya bilangan 19 di dalam al-Quran.
1.     Kata “Bismillaahirrohmaanirrohiim” yang merupakan pembuka semua surat di Al-Quran (kecuali S. At-Taubah), terdiri atas 19 huruf. Kalau tidak percaya, silakan dicek. J
2.     Surat Al-Alaq ayat 1-5 yang merupaka wahyu pertama, terdiri atas 76 huruf atau 19x4.
3.     Ayat pertama Al-Alaq terdiri atas 19 huruf.
4.     Jumlah surat dalam al-Quran adalah 114 atau 19x6
5.     Surah Al-Qolam (68), yang diawali huruf NUN, jumlah NUN dalam surah tersebut 133 atau 19 x 7.
6.     Surah Yaa Siin (36), yang diawali huruf YA SIN, memiliki huruf YA sebanyak 237 dan huruf SIN 48. Bila dijumlahkan menjadi 285 atau 19 x 15.
7.     Surah Ar Ra’d (13), yang diawali huruf ALIF, LAM, MIM, RA', di mana jumlah ALIF 605, LAM 480, MIM 260, dan RA' 137, total keempat huruf tersebut adalah 1482 atau 19 x 78.

Angka 19 ternyata dijadikan oleh Allah sebagai alat kontrol al-Quran sehingga tidak bisa diubah oleh siapa pun. Karena, jika diubah pastilah akan meleset dari hitungan-hitungan, sehingga akan mudah untuk diketahui.

Keajiban Al-Quran yang lain...
1.     Kata “ syahr” yang berarti bulan, diulang 12 kali dalam al-Qur’an sesuai dengan jumlah bulan-bulan dalam tahun.
2.     Kata “Yaum” yang berarti hari, diulang 365 kali dalam al-Qur’an sesuai dengan jumlah hari dalam setahun dalam hitungan miladi.
3.      Kata “ Sajada “ yang berarti telah bersujud, baik kata tersebut berbentuk kata kerja lampau ataupun kata kerja yang sedang atau akan di lakukan, diulang 34 kali di dalam al-Quran. Jumlah tersebut sama dengan jumlah sujud-sujud shalat wajib sebab dalam setiap hari ada 17 rakaat shalat wajib dan terdapat dua sujud dalam setiap rakaatnya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar