Pabrik Amonia PIM Terbakar ---- Pabrik di ACEH

Bookmark and Share


LHOKSEUMAWE – Pabrik Amonia I PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), Krueng Geukueh, Aceh Utara, Minggu (18/12) malam terbakar menyebabkan kepanikan warga di lingkungan perusahaan. Ratusan warga dilaporkan sempat dilarikan ke rumah sakit bahkan 12 di antaranya harus dirawat intensif karena terhirup semburan amonia.

Menurut laporan, insiden itu terjadi sekitar pukul 21.45 WIB. Pipa yang menyalurkan gas ke unit produksi amonia bocor dan terbakar. Api disebut-sebut sempat membakar beberapa bagian pabrik.

Ketika terjadi kebocoran pipa gas disertai kebakaran, operator pabrik secepatnya melakukan tindakan darurat mematikan mesin. Namun, mematikan mesin secara mendadak ternyata memunculkan dampak getaran (guncangan) hebat sehingga katup amonia lepas. “Jika mesin tak secepatnya dimatikan, bisa menyebabkan ledakan,” kata Humas PT PIM, Mustafa Thahir menjawab Serambi, Senin (19/12) siang.

Pada detik-detik pasca-lepasnya katup amonia, bau tak sedap segera terhirup oleh masyarakat sekitar pabrik. Warga sekitar sudah sangat pengalaman dengan bau menyengat yang berbahaya itu sehingga ada yang secepatnya melakukan berbagai upaya perlindungan diri. Meski demikian tak sedikit pula yang terlanjur menghirup amonia dan bertumbangan. Desa yang jadi sasaran adalah Tambon Baroh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara.

Warga yang masih mampu bertahan langsung membantu melarikan korban ke Rumah Sakit (RS) PT PIM yang berjarak sekitar satu kilometer dari permukiman warga. Bersamaan dengan itu juga ikut seratusan warga lainnya yang khawatir terjadinya hal-hal yang tak diharapkan.

Menurut informasi, ada 12 warga yang harus mendapat perawatan, di antaranya Tarmizi, Sri, Ade Sulistiawati, Fitria, Zahera, Jamaliah, Asiah, dan Zuriah. Sedangkan jumlah warga yang sempat memintai pertolongan medis di RS PT PIM mencapai seratusan orang. Hingga Senin sore kemarin, seorang warga Tambon Baroh bernama Suci masih dalam perawatan medis di RS PT PIM.


Sumber : Aceh.tribunenews.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar